Warteg Berkarya, Berdaya Bersama YB3

Latar Belakang 

Digitalisasi UMKM merupakan salah satu target capaian Pemerintah untuk penguatan dan percepatan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi covid. Dalam hasil survei dari OVO dan CORE Indonesia tahun 2021 disebutkan bahwa 84% mitra UMKM merasa terbantu oleh adanya fasilitas pembayaran digital atau e-wallet selama pandemi. Bahkan 70% di antaranya mengalami peningkatan pendapatan harian sejak memanfaatkan layanan keuangan digital, 68% memperoleh akses layanan keuangan yang lebih luas, 71% melakukan pencatatan transaksi penjualan yang lebih teratur, dan 51% mengaku lebih memahami penggunaan teknologi untuk mempertahankan usahanya. Dengan demikian, digitalisasi telah menunjang program peningkatan inklusi keuangan, khususnya bagi UMKM (sumber: kominfo.go.id).

Hal ini sejalan dengan survei komunitas yang dilaksanakan pada 117 pelaku UMKM di Krendang yang dilakukan YBBB, sekitar 20% tertarik mengikuti pelatihan berjualan online.

Atas latar belakang ini, YBBB membuka pendampingan bagi pelaku umkm yang bergerak di penyediaan makanan dan minuman untuk berjualan secara online.

Warteg Berkarya, Berdaya Bersama YBBB

UMKM pertama yang menjawab tawaran YBBB adalah Warteg Berkarya, berlokasi di belakang Kelurahan Krendang, pelaku usaha adalah sepasang suami istri paruh baya dibantu oleh anaknya. Dengan antusias, Mba Tari, anak dari pelaku usaha, didampingi oleh staff YBBB, belajar dari dasar cara memfoto produk, menyesuaikan harga jual dan menyelesaikan administrasi untuk membuka toko online. 

Di akhir pendampingan, Warteg Berkarya telah memiliki QR code yang dapat digunakan untuk pembayaran dengan QRIS, juga sebuah toko online di platform grabfood. Semua ini dilakukan sendiri oleh Mba Tari, YBBB hanya mendampingi dan memberi konsultasi jika diperlukan. Saat kunjungan kembali oleh staff YBBB 6 bulan setelahnya, QR code ini masih digunakan oleh pembeli pengguna e-wallet dan Warteg Berkarya mampu memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas bagi pelanggannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!