Umkm Berdaya:  Memaksimalkan Potensi, Memajukan Usaha, Memperbaiki Perekonomian

Semangat dalam memperbaiki usaha dan meningkatkan pendapatan membuat para pelaku UMKM di Kelurahan Krendang, membawa mereka pada pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan pada November 2023.

Lomba Usaha Kecil Krendang

Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YB3) bertemu dengan 8 pelaku UMKM Krendang melalui Lomba Usaha Kecil Krendang yang diselenggarakan melalui 2 rangkaian kegiatan, kegiatan pertama melalui pelatihan kewirausahaan dan yang kedua presentasi serta mengikuti bazar di Hari Komunitas. Adapun pelatihan kewirausahaan dilaksanakan sebanyak 3 kali pada hari Sabtu di bulan November. 

Pelatihan dibawakan oleh rekan-rekan dari The Entrepreneur Society (TES) dan dimentori oleh relawan YB3 yang merupakan entrepreneur. Pelatihan diberikan dengan pemberian teori yang kemudian akan dipraktekkan ketika pelaku UMKM menjalankan usahanya.

Pelatihan kewirausahaan ini membuat pelaku UMKM mulai melihat visi mereka dalam membuka usaha, apa yang mereka targetkan dari usaha yang mereka lakukan dan bagaimana cara mereka mencapai target tersebut. Selain itu, pelaku UMKM bersama-sama mencari tahu, mengapa promosi sangat penting terhadap usaha mereka. Pelatihan kewirausahaan ini tidak hanya satu arah, pelaku UMKM pun dapat bertanya mengenai kiat meningkatkan usaha mereka.

Bagaimana YB3 Mengetahui Bahwa Pelaku UMKM Mempraktekkan Teori Dari Pelatihan Kewirausahaan?

YB3 tidak berhenti hanya sampai pada pelatihan pelaku UMKM,  pada bulan Januari hingga Maret 2024, YB3 melakukan kunjungan kepada pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan, sebagai sebuah langkah monitoring, evaluasi dan bahkan memotivasi para pelaku UMKM binaan.

Semangat dari pelaku UMKM dalam mempraktekkan ilmu dan teori yang mereka dapatkan dari pelatihan kewirausahaan membawa mereka pada inovasi produk-produk baru, menjadi lebih percaya diri dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan, mau mempromosikan usaha mereka melalui sosial media maupun mengandalkan kekuatan word of mouth, bahkan lebih daripada itu, pelaku UMKM mau belajar lebih lagi dalam meningkatkan usaha yang saat ini sedang mereka tekuni.

Perubahan yang perlahan dan nyata terjadi, bahkan beberapa dari pelaku UMKM yang saat ini merupakan solo fighter merindukan untuk memberdayakan orang-orang di lingkungan sekitar mereka sebagai untuk membantu memajukan usaha mereka. Perlahan namun pasti, bermula dari sebuah harapan mampu memajukan usaha mereka, kemudian mempraktikan ilmu yang mereka dapatkan, memaksimalkan potensi yang mereka miliki, usaha mereka perlahan mulai membaik dan meningkat, bahkan ada kerinduan untuk mampu memberdayakan.

Keberlanjutan Program

Sampai berdaya! Sebuah tagline yang menjadi semangat YB3 dan pelaku UMKM Krendang untuk terus berdaya. Tidak hanya berhenti sampai dengan pelatihan dan kunjungan kepada pelaku UMKM binaan YB3, namun semangat untuk membantu pelaku UMKM binaan untuk meningkatkan usaha dengan banyaknya pertanyaan dari pelaku UMKM binaan akan membawa YB3 dan pelaku UMKM binaan pada pertemuan-pertemuan berikutnya dengan materi-materi sederhana sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM binaan.

Salam pemberdayaan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!