Tujuan Besar Bincang Pemberdayaan

Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YB3) memiliki event tahunan yang disebut sebagai “Bincang Pemberdayaan”. Event ini sudah dilakukan sejak tahun 2021, sehingga bila dihitung sudah ada 3 (tiga) kali event bincang pemberdayaan yang dilakukan sampai dengan tahun 2023.

Dalam event ini, YB3 mengundang peserta, baik secara pribadi  maupun lembaga, untuk hadir mendengarkan paparan dan berdiskusi, yang mana sampai sejauh ini pertemuan masih dilakukan secara daring. Dalam beberapa kali pertemuan yang sudah dilakukan, kehadiran sahabat YB3 berkisar antara 10 – 20 peserta. Harapan YB3 ke depannya, bisa lebih banyak lagi peserta baik pribadi terutama perwakilan lembaga yang bisa hadir.

Tujuan besar dari “bincang pemberdayaan” adalah agar event ini menjadi tindak nyata dari kerinduan YB3 dalam menjawab permasalahan pengentasan kemiskinan ataupun peningkatan masyarakat dari prasejahtera menuju sejahtera. Bagi YB3 solusi atas permasalahan tersebut bukanlah secara terus menerus dengan memberikan bantuan langsung dalam bentuk uang ataupun barang kebutuhan sehari-hari. Solusi harus  dilakukan secara berkesinambungan dan datang dari kesadaran bersama seluruh pemangku kepentingan, yaitu melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk masyarakat prasejahtera itu sendiri,  dan pemerintah. Dalam hal ini, YB3 lebih tertarik menggunakan istilah pemberdayaan masyarakat prasejahtera sebagai basis dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut di atas.

Oleh karenanya, YB3 secara khusus berkeinginan mengundang seluruh elemen masyarakat dan bahkan unsur dari pemerintah untuk mendiskusikan, baik secara konseptual dan juga tindakan nyata yang dapat dilakukan, dalam melakukan pemberdayaan masyarakat prasejahtera. Dalam event bincang pemberdayaan ini, semua peserta diberikan kesempatan untuk memberikan gagasan dan juga berbagi pengalaman dalam menggarap pemberdayaan masyarakat agar tepat sasaran dan berkesinambungan. Peserta juga dapat menggunakan event ini sebagai peluang terjadinya kolaborasi, baik antar pribadi, pribadi dan lembaga maupun antar lembaga, bagi program pemberdayaan Masyarakat yang sedang atau yang akan digarap. 

YB3 berharap bahwa event bincang pemberdayaan dapat terus dilakukan dan dihadiri oleh semakin banyak lagi pribadi maupun lembaga.  Event ini hadir bagi seluruh elemen masyarakat yang memiliki kerinduan dan semangat yang sama, yaitu  untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. 

Mari berkolaborasi untuk Indonesia yang sejahtera Salam Pemberdayaan Masyarakat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!