Saya Suka Membaca di Krendang

Latar Belakang 

Adalah sebuah kenyataan kalau tingkat literasi di Indonesia sangat rendah. Secara logika, jika anak suka membaca maka setelah dewasa mereka akan terlatih menjadi pembaca ulung. Namun ternyata mencetak anak-anak yang suka membaca, bukan hanya mampu membaca, tidak semudah membalik telapak tangan. Masalahnya cukup kompleks, mulai dari ketiadaan buku bacaan bermutu yang mudah diakses, hingga metode mengajar membaca yang berfokus pada kemampuan anak dalam membaca, bukan kesukaan anak dalam membaca.

Untuk anak yang terlahir di keluarga berkecukupan, mungkin masalahnya tidak sepelik ini. Tapi bagi anak yang lahir di keluarga pra sejahtera yang kebanyakan anggaran rumah tangga dikeluarkan untuk bertahan hidup dan membeli bahan makanan pokok, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Karena itu, Bina Berdaya Bangsa bekerja sama dengan Yayasan Tunas Aksara, pemilik hak cipta kurikulum Saya Suka Membaca, menghadirkan kurikulum ini di PAUD di Krendang. Ada 2 PAUD lokal yang menerima bantuan berupa kurikulum bersubsidi dilengkapi buku pegangan guru dan bacaan anak berkualitas.

Pelaksanaan

Pagi-pagi betul, tim Bina Berdaya Bangsa (YBBB) sudah siap di PAUD rekanan untuk melakukan tes baca. Tes baca ini penting untuk mengukur kemampuan anak dalam membaca. Nantinya, hasil tes ini akan digunakan sebagai alat ukur pencapaian kemampuan anak sebelum dan setelah penerapan kurikulum Saya Suka Membaca.

Tidak hanya itu, tim YBBB juga memberi mentoring berkala dan observasi kelas bagi guru-guru PAUD untuk membantu mereka memahami cara penggunaan kurikulum, lagu huruf, kartu huruf dan cara membacakan buku cerita yang menarik. Guru-guru PAUD diberdayakan agar mampu membawakan kurikulum ini dengan penuh antusiasme. 

Hingga saat artikel ini ditulis, tim YBBB masih melakukan kunjungan dan mentoring berkala untuk mendukung penerapan kurikulum. Kami berharap pada akhir penerapan kurikulum, anak-anak sudah mampu membaca dengan baik dan mengganggap kegiatan membaca sebagai hal yang menyenangkan, atau dengan kata lain, menjadi suka membaca.

× Hubungi Kami!