RISBA x YB3 x CIMSA

Penguatan Organisasi Lokal 

Salah satu target yang ingin dicapai YBBB dalam pemberdayaan masyarakat adalah penguatan organisasi masyarakat lokal. Dalam hal ini, pemberdayaan dimaknai sebagai sebuah konstruksi yang menghubungkan kekuatan dan kompetensi individu, sistem bantuan alamiah, dan perilaku proaktif terhadap kebijakan sosial dan perubahan sosial (Rappaport, 1981, 1984).

Salah satu organisasi lokal yang berjejaring dengan YBBB adalah organisasi remaja mesjid. Pada tahun ini khususnya Remaja Mesjid Jami Baiturrohmah atau disingkat RISBA. Penguatan organisasi dilaksanakan dalam bentuk program kerja sama pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi warga seputaran mesjid. Dengan menggandeng remaja dan pemuda masjid sebagai organisator, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas RISBA dan melatih RISBA mengelola sebuah event. 

Kolaborasi, Kunci Kuat Bersama

Tidak hanya RISBA, YBBB bekerja sama dengan komunitas mahasiswa kedokteran CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) dan dua dokter sebagai relawan ahli yang melakukan pemeriksaan. 

Seluruh pihak dengan antusias melayani sepenuh hati, RISBA sebagai organisator menyambut warga yang berusia lanjut dan menunjukkan meja yang sesuai untuk setiap warga. Relawan CIMSA memastikan setiap warga diperiksa dengan kaidah kesehatan yang benar dan mendapat hasil sesuai pemeriksaan. Warga yang mendapat hasil pemeriksaan di atas kadar normal dirujuk untuk berkonsultasi dengan dua dokter yang telah tersedia.

Sebanyak 75 peserta berusia di atas 50 tahun dilayani lewat kolaborasi yang manis. Beberapa peserta merasa sangat terbantu karena tidak harus berjalan dan mengantri di Puskesmas untuk mengetahui kadar gula dan kolesterol mereka. Walau demikian kami tetap mendorong peserta dengan kondisi kesehatan tertentu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas terdekat.

Kami berharap kolaborasi guna peningkatan kapasitas warga lokal dapat semakin berkembang sehingga perubahan sosial dapat terjadi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!