Perlahan Membuka Pintu Tabu Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja

Pilot project program remaja telah selesai dilakukan sekitar Mei 2023 di 4 sekolah dasar. Dua sekolah dasar berlokasi di Krendang, yaitu MI Manbaul Chairat dan MI Al Muawanatul Khaeriyah. Dua lainnya merupakan sekolah negeri yang ada di kelurahan tetangga Krendang, yaitu SDN Jembatan Lima dan SDN Duri Utara.

Data diolah, laporan terkait program dirancang untuk internal dan pihak sekolah, serta kurikulum Remaja 101 terus dikerjakan. Saat kami melihat data-data yang kami peroleh dari pilot project, kami semakin optimis bahwa program remaja adalah salah satu kebutuhan sekolah, baik guru maupun peserta didik yang ada di sana. Optimisme ini bukan lahir tanpa sebab. 

Empat kepala sekolah yang sekolahnya kami lakukan pilot project menyampaikan hal yang serupa, yaitu guru tahu bahwa pengetahuan ini penting untuk anak didik mereka, tetapi mereka masih tabu untuk membicarakannya. Beberapa sekolah sudah memberikannya. Tetapi, informasi yang diberikan masih sebagian kecil dan diselipkan dalam mata pelajaran tertentu (agama, IPA atau olahraga). Belum lagi, dua kepala sekolah MI menceritakan isu yang pernah dihadapi oleh sekolah mereka terkait kesehatan reproduksi remaja.

Akhirnya kurikulum Remaja 101 selesai juga di Q3 2023. Tim YB3 bersiap untuk mengimplementasikannya bagi peserta didik kelas 4. Dari 4 sekolah dasar yang dilakukan pilot project, terpilih 3 sekolah dasar yang memenuhi persyaratan YB3 untuk menjalankan program. 

Sambutan hangat kami terima dari Kepala Sekolah MI Manbaul Chairat, MI Al Muawanatul Khaeriyah dan SDN Jembatan Lima yang telah mendapat pilot project program remaja ketika kami kembali menyambangi sekolah mereka. Dalam kunjungan ini, kami memaparkan data pilot project serta mengadvokasi sekolah untuk mengambil aksi pencegahan, salah satunya adalah dengan memberikan edukasi kepada anak didik yang sudah memasuki usia remaja. Ketiga kepala sekolah memberi respon kaget dengan data-data yang kami paparkan. Mereka melihat urgensi dari pelaksanaan program remaja bagi peserta didik mereka. 

Bulan Oktober 2023 untuk pertama kalinya kurikulum Remaja 101 diimplementasikan di MI Manbaul Chairat. Kami mendapat respon yang beragam dari peserta didik. Peserta menerima workbook yang dirancang khusus oleh tim remaja YB3 untuk mendukung kurikulum. Anak-anak tampak bahagia menerima buku baru, beberapa peserta bahkan langsung membaca-baca bukunya. Implementasi kurikulum terus dilakukan di tiga sekolah dasar hingga sebelum puasa 2024.

Kurikulum Remaja 101 dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Masing-masing pertemuan diberi waktu sekitar 60-90 menit, dengan topik yang berbeda. Pertemuan pertama membahas tentang gambaran umum remaja di Indonesia. Pertemuan kedua membahas tentang perubahan yang terjadi selama remaja. Dalam topik ini, secara khusus menyoroti perubahan fisik, pubertas, menstruasi dan mimpi basah serta mood swing yang dihadapi saat remaja. Pertemuan ketiga membicarakan mengenai area pribadi serta proses terjadinya kehamilan. Pertemuan keempat peserta diajak banyak berdiskusi terkait cara melindungi diri dan mencegah terjadinya kekerasan seksual serta membuat batasan diri, terutama ketika berselancar di dunia maya. 

Membaca berbagai lembar umpan balik, baik dari guru maupun siswa membuat kami senang. Kami mendapati bahwa guru-guru yang ikut mendampingi selama kelas berlangsung merasa sangat dibantu dalam memberikan edukasi terkait hal yang masih tabu untuk mereka sampaikan. Juga, bahwa tidak ada informasi yang kami sampaikan bertentangan dengan pengetahuan yang mereka ajarkan kepada anak didik di kelas IPA atau Agama Islam. 

Peserta didik jadi paham bahwa kalau berenang bersama (anak cowok dan cewek) tidak menyebabkan kehamilan, bahwa kehamilan hanya bisa terjadi kalau ada hubungan seksual. Kami merasa ini adalah sebuah hal yang baik. Masih banyak berita bohong (hoaks) seputar kesehatan reproduksi remaja, dan seringkali remaja tidak punya tempat untuk mendapat informasi yang benar dan komprehensif. Jadi, dengan adanya program Remaja 101, mereka memiliki wadah untuk bisa berdiskusi dan mendapat informasi yang benar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!