Pengalaman apa yang diperoleh di YBBB ketika mendampingi kursus parenting?

Pandemi covid-19 memang masih berlangsung saat YBBB memutuskan untuk mengadakan kursus parenting, namun aturan untuk berkumpul sudah tidak seketat di awal terjadinya pandemi. Hal ini mendukung terlaksananya kursus parenting tatap muka di kedua PAUD. Akan tetapi, tidak dipungkiri bahwa antusiasme orangtua PAUD untuk menghadiri kelas PAUD masih di bawah persentase target yang ingin dicapai YBBB. Tercatat ada 10 ibu dari PAUD Tunas Bangsa dan 32 ibu dari PAUD Pamungkas yang mengikuti kursus parenting di periode Februari-Maret 2022. Kalau ditanya, ‘apa yang dirasakan waktu tahu target nya enggak tercapai?’ Ya tentu saja jawabannya ‘sedikit sedih ya. Tapi, enggak apa-apa, namanya juga baru pertama.’

Saya bergabung dengan YBBB di awal bulan Maret. Sebelumnya saya pernah menjadi salah satu pengajar di TK dan SD. Sekolah tempat saya mengajar rutin melaksanakan kelas parenting 1x/bulan. Saya sudah memiliki ‘bayangan’ tentang kelas parenting seharusnya. Saat pertama kali ikut mendampingi kursus parenting di PAUD Tunas Bangsa, kata pertama yang muncul adalah ‘seru’. Kenapa? Karena suasana kursus benar-benar di luar ekspektasi saya. Kursus parenting yang dilaksanakan YBBB benar-benar memanfaatkan hal-hal yang tersedia. Kursus dilakukan di teras PAUD, dengan suasana orang lalu-lalang. Ketika memberikan materi, suara dari fasilitator harus cukup besar untuk menyaingi keramaian yang ada. Akan tetapi, hal-hal tersebut tidak menjadi hambatan yang berarti bagi ibu-ibu untuk mengikuti kursus, karena mereka masih tetap bisa mengikuti diskusi serta berbagai kegiatan yang sudah disiapkan oleh tim YBBB. Tampaknya mereka sudah terbiasa dengan lingkungan yang demikian. 

Jadi, pengalaman pertama mendampingi kursus parenting tersebut memberi pelajaran baru secara pribadi bagi saya. Pertama, kursus atau program dapat terlaksana dengan fasilitas sederhana dan tidak harus menggunakan teknologi yang canggih. Kedua, sebagai pekerja di lapangan sangat penting untuk segera beradaptasi dengan suasana apapun yang dihadapi. Ketiga, ketika melayani masyarakat, kita boleh saja memiliki ekspektasi tertentu, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai patokan.

Kursus parenting siklus pertama ini memang sudah selesai di kedua PAUD, namun tim YBBB tidak berhenti untuk berbenah, melakukan evaluasi serta membuat beberapa pengembangan untuk meningkatkan kualitas layanan, khususnya dalam program kursus parenting. Terimakasih YBBB sudah memberikan saya cara pandang yang baru dalam melayani masyarakat. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!