Pemberdayaan Kesehatan Penyandang Disabilitas

YB3 dan relawan program Penyandang Disabilitas melaksanakan program kunjungan dengan keluarga yang memiliki anak disabilitas. Terdapat 18 keluarga dengan anak disabilitas yang terdaftar di kelurahan Krendang. Kunjungan rumah ini dilakukan untuk mendukung ibu-ibu melakukan aktivitas bersama anak-anak mereka. Kami juga mendukung  masyarakat untuk dapat membantu keluarga disabilitas di sekitarnya.  

Satu hari kami mengunjungi salah satu anak disabilitas yang bernama Fatih. Fatih adalah anak penyandang disabilitas down syndrom yang berumur 17 tahun. Fatih hidup bersama orang tua dan satu kakaknya, ayahnya bekerja sebagai seorang konveksi dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Dulu saat Fatih berumur 11 tahun, dia pernah sekolah di SLB. Tapi, karena biaya yang mahal, terpaksa dia berhenti sekolah dan sekarang hanya di rumah saja. Tidak ada banyak hal yang dapat dilakukan saat di rumah. 

Satu hari saat ayahnya pergi bekerja, Fatih bertanya kepadanya, “Ayah mau ke mana?” Ayah menjelaskan kalau dia berangkat kerja ke konveksi. Saat pulang, walaupun lelah setelah bekerja, ia menjelaskan kepada Fatih apa yang ia kerjakan di konveksi itu. Fatih sangat penasaran terhadap aktivitas ayahnya di tempat kerja. 

Karena hal itu ayahnya Fatih bertanya pada rekan kerjanya, apakah Fatih boleh datang ke konveksi untuk membantu menyelesaikan beberapa tugas yang ringan. Rekan kerjanya pun setuju dengan hal itu dan mencoba bertanya pada bos di konveksi itu. Bos itupun setuju dan mengizinkan Fatih ikut ayahnya kerja.

Fatih sangat bahagia mendengar hal itu. Dia dapat bekerja di konveksi bersama ayahnya. Tugas Fatih adalah membuang sampah, menyapu lantai atau menyimpan perca kain-kain bekas ke dalam keranjang. Setiap sore setelah bekerja, Fatih mendapatkan uang saku dari bos konveksi itu. Fatih senang memiliki uang sendiri.

Ini adalah salah satu contoh yang baik bagaimana masyarakat dapat memberikan kepercayaan diri pada anak disabilitas dalam bekerja dan menggunakan waktu mereka dengan baik. Kegiatan seperti ini bisa juga memberikan anak disabilitas semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Hal ini dapat menjadi contoh sebuah komunitas menormalisasi bahwa anak penyandang disabilitas juga dapat bekerja dan dapat hidup seperti orang normal lainnya. Tim YB3 dapat menyemangati keluarga lain untuk juga memberi kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas. Karena mereka juga bisa!

Dalam program kunjungan rumah ini kami YB3 ingin membantu keluarga disabilitas dengan memberdayakan penyandang disabilitas untuk dapat bekerja, beraktivitas, dan melakukan hal-hal lain yang  sama seperti orang normal lainnya. Karena mereka juga dapat diberi kepercayaan yang sama, tanggung jawab yang sama dan yang paling penting mereka juga sama berharga dengan orang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!