Pelatihan Guru ‘Langit bertemu Bumi’. Apa yang Dipelajari?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang sangat penting dan menjadi tonggak dasar untuk tahap pendidikan anak selanjutnya. Untuk memastikan anak menerima pembelajaran yang terbaik, pendidik merupakan aset yang harus terus dikembangkan kualitasnya. Sudah umum diketahui bahwa guru yang terjun ke PAUD adalah masyarakat lokal yang memiliki beban untuk mendidik anak usia dini. Karena itu seringkali didapati keterampilan mengajar anak usia dini yang dimiliki guru PAUD kurang memadai.

Sebagai sebuah Yayasan yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat, YBBB melihat hal tersebut sebagai sebuah tantangan sekaligus kesempatan yang besar untuk memberdayakan para pendidik PAUD. Saat ini YBBB telah bekerjasama dengan 2 PAUD dari 3 PAUD yang ada di Kelurahan Krendang, Kec. Tambora, Jakarta Barat. Tim pendidikan di YBBB kemudian mencoba menyusun kurikulum untuk pelatihan guru yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan yang ada di lapangan. Mengambil judul ‘Langit bertemu Bumi’, pelatihan tahap 1 dilaksanakan pada akhir Maret 2022 hingga awal Juni 2022. Judul yang diambil terinspirasi dari realita bahwa seringkali anak didik tidak memahami pelajarannya karena guru tidak memiliki keterampilan untuk ‘mengirimkan pesan’ dengan metode yang mudah dimengerti oleh anak.

Pelatihan tahap 1 terdiri dari 5 sesi, yaitu perkenalan, perkembangan anak, manajemen kelas 1 dan 2, serta pembelajaran berpusat pada anak. Setiap sesi dilaksanakan selama sekitar 2 jam. Pelatihan sempat terjeda karena libur hari raya idul fitri selama sekitar 3 minggu. Peserta pelatihan adalah guru-guru yang berasal dari 2 PAUD yang bekerjasama dengan YBBB. Di setiap sesi selalu ada kesempatan untuk berdiskusi, karena itu sejak awal pelatihan-pelatihan yang kami laksanakan dibatasi jumlah pesertanya.

Pelatihan yang dilaksanakan memakai konsep pembelajaran bagi orang dewasa. Karena itu pemberian materi akan selalu disertai dengan tugas atau tantangan untuk diselesaikan dalam tim kecil yang dibentuk saat pelatihan berlangsung. Secara umum peserta menikmati setiap sesi pelatihan dan menerima manfaat, entah mereka membawa ide-ide baru yang dapat dipraktekkan untuk mengajar anak di kelas atau saling belajar dari pengalaman guru lainnya.

Tag
× Hubungi Kami!