Menutup tahun 2022 dengan manisnya kesan dan pesan 

HARI KOMUNITAS YBBB – PKK KRENDANG

Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YBBB) mengadakan Hari Komunitas bersama dengan PKK Krendang dan CIMSA Nasional pada tanggal 17 Desember 2022 di RPTRA Krendang. Kegiatan ini juga melibatkan relawan dari berbagai latar belakang. PKK Kelurahan Krendang merupakan sasaran utama dari Hari Komunitas. Dengan mengusung tema “Manisnya Hidup Tanpa Gula”, diharapkan kegiatan ini mampu membangkitkan kesadaran masyarakat, khususnya para pengurus PKK mengenai pentingnya melakukan pencegahan terhadap penyakit akibat gaya hidup sedentari. 

Hari Komunitas dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir di pukul 1 siang. Dibuka dengan sambutan dari pihak kelurahan yang diwakilkan oleh Bapak Unang sebagai salah satu pengurus RPTRA Krendang, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Kosmartua sebagai Ketua YBBB. Bertindak sebagai MC, Kak Mediana membuka kegiatan Hari Komunitas dengan mengumumkan tata tertib serta ke-enam stand yang dibuka, yaitu stand pemeriksaan kesehatan, stand dot matrix, stand program disabilitas, stand program remaja, stand minuman sehat dan stand pohon harapan.  

Kak Friska sebagai moderator kemudian memimpin kegiatan awal, yaitu penyuluhan kesehatan. Sebelum pemaparan materi, peserta diajak untuk menyerukan yel-yel Hari Komunitas untuk memberikan semangat. ‘Kalau saya bilang PKK Krendang, bapak dan ibu jawabnya Manisnya Hidup Tanpa Gula! ya..” demikian kak Friska memimpin yel-yel. Dilanjutkan dengan permainan ‘BENAR atau HOAX’. Melalui permainan yang dirancang tersebut, terlihat pengetahuan peserta mengenai penyakit diabetes dan kolesterol sudah baik. Pemaparan materi diberikan oleh dr. Sekuntry sekitar 15-20 menit, lalu dilanjutkan dengan diskusi atau tanya-jawab dengan peserta. 

Setelah penyuluhan, peserta diarahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Stand pemeriksaan kesehatan dijaga oleh relawan dari CIMSA Nasional, yang merupakan mahasiswa kedokteran dari berbagai universitas. Dari 66 peserta, terdapat 39 (59,09%) yang dirujuk untuk berkonsultasi dengan dr. Sekuntry karena kadar kolesterol dan kadar glukosa yang dimiliki melebihi ambang batas normal. Peserta yang berkonsultasi akan menerima catatan dari dokter mengenai terapi atau tindakan yang perlu dilakukan terkait kondisi kesehatan mereka. 

Sambil menunggu antrian stand kesehatan, panitia mengarahkan peserta untuk mengunjungi stand-stand lainnya yang dijaga oleh relawan dari PKK dan YBBB. Dari stand dot matrix, didapati masalah yang paling dirasakan adalah seputar faktor lingkungan dan pendidikan. Dari stand disabilitas, YBBB memperoleh data adanya 17 orang disabilitas yang terdiri dari orang dewasa maupun anak. Dari stand remaja, YBBB mendapat gambaran bahwa bidang yang penting untuk dikembangkan adalah sosial dan mental remaja. Di stand pohon harapan, warga dapat menulis harapan mereka untuk Kelurahan Krendang terkait pendidikan, ekonomi, kesehatan dan ekonomi. Sebagian besar masyarakat menuliskan harapannya dalam bidang kesehatan dan ekonomi, yaitu pelatihan untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan kegiatan untuk meningkatkan kondisi kesehatan balita dan keluarga. 

× Hubungi Kami!