Membangun Keluarga Harmonis dan Penuh Keceriaan

Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YBBB) telah menyelenggarakan kursus parenting sebagai proyek berkelanjutan sejak tahun 2021. Kursus ini bertujuan membantu para orang tua dalam menghadapi tantangan mengasuh anak dan membangun keluarga yang harmonis. YBBB bekerja sama dengan tiga PAUD di Krendang dan melibatkan ibu-ibu relawan lokal dalam kegiatan ini.

Kursus ini berlangsung selama enam pertemuan dengan topik yang menarik. Para peserta diajak untuk membangun budaya keluarga yang harmonis dan membuat pajangan budaya keluarga bersama-sama di rumah. Mereka juga diajak untuk belajar mengenali keunikan atau ciri khas di dalam keluarga serta membangun tim yang kuat dalam menetapkan budaya, nilai, dan aturan keluarga yang disepakati bersama. 

Para peserta diberi pemahaman tentang pentingnya membangun hubungan yang baik dengan anak melalui waktu yang berkualitas bersama anak. Mereka juga belajar tentang pentingnya membangun pola asuh yang konsisten dan bagaimana mengenali emosi anak serta mengendalikan emosi saat menghadapi anak.

Dalam era digital, kursus ini juga membahas strategi mengasuh anak terkait penggunaan gadget secara aman dan bijak. Peserta diberikan tips untuk menjauhkan anak dari kecanduan gadget. Selain itu, tahun ini YBBB bekerjasama dengan UnboundNow Indonesia memberikan pengetahuan tentang pencegahan kekerasan seksual pada anak, sehingga para orang tua dapat memberikan edukasi yang tepat dan melindungi anak-anak dari bahaya tersebut. 

Peserta kursus parenting merasa sangat senang karena mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat, salah satunya melalui kegiatan membuat pajangan budaya keluarga. Mereka juga merasa senang dapat berdiskusi dengan staf YBBB untuk menemukan solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam mengasuh anak.

YBBB berharap kursus parenting ini memberikan manfaat besar bagi para peserta dalam membangun keluarga yang harmonis. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan, diharapkan para peserta dapat menerapkan pengajaran ini bersama pasangan dan anak-anak mereka, sehingga keluarga dapat tumbuh harmonis dan penuh kebahagiaan.

Keluarga kuat, satu tim bersama! Salam Pemberdayaan!

× Hubungi Kami!