Makna Kata Bina-Berdaya Dalam Nama Yayasan Bina Berdaya Bangsa

Yayasan Bina Berdaya Bangsa

Nama Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YB3) tidak lahir dengan begitu saja. Banyak pertimbangan yang dilakukan untuk memilih kata-kata yang tepat, sehingga melahirkan nama yang sekarang ini menjadi identitas yayasan yang secara legal sudah disahkan.

Makna Kata “Bina”

Kata “bina” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai “bangun sesuatu (negara, orang, dan sebagainya) supaya lebih baik.”  Ada dua kata kunci dalam kata “bina” ini yaitu “bangun” dan “lebih baik”. 

Bila kata ini disambungkan dengan visi dari YBBB, dimana yang menjadi target bagi YB3 adalah masyarakat prasejahtera, harapan dan semangat yang dibawa dengan kata bina/ membina/ pembinaan adalah dapat membangun masyarakat pra sejahtera menjadi lebih baik. Kata lebih baik dalam konteks YB3 selalu dihubungkan dengan aspek pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Dalam hal inilah, maka YB3 selalu berusaha membuat program kerja yang meliputi bidang-bidang yang mencakup ke-empat aspek tersebut. Selain itu, kata lebih baik juga harus bersifat holistik dimana pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk lebih baik itu mencakup keseluruhan aspek yang tidak berdiri sendiri-sendiri.

Makna Kata “Berdaya”

Kata berdaya merupakan kata kerja yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai “berkekuatan; berkemampuan; bertenaga atau mempunyai akal, cara, dan sebagainya untuk mengatasi sesuatu.” Kata ini mengacu kepada bagaimana masyarakat dapat memahami apa yang menjadi kekuatan, kemampuan, tenaga yang dimiliki dalam mengelola tantangan dan permasalahan yang ada dalam diri mereka. 

Kaitannya dengan YB3, kata ini selalu menjadi titik tolak ketika memikirkan dan merencanakan apa yang akan dilakukan untuk membantu masyarakat dengan program-program yang relevan bagi masyarakat tersebut. Oleh karenanya, data menjadi bagian yang penting dalam YB3 membuat keputusan bersama masyarakat apa yang akan dikerjakan bersama Dalam hal ini, YB3 akan selalu melakukan survey ataupun metode lain yang diperlukan sehingga dapat memahami apa yang menjadi kekuatan atau kemampuan masyarakat dan tantangan yang perlu untuk dihadapi dalam menghasilkan strategi yang efektif dalam mengelola permasalahan yang ada di masyarakat dimana YB3 hadir bersama dengan masyarakat.

Bina Berdaya Bangsa

Berkaca kepada makna kata-kata yang melekat dengan nama Yayasan inilah, maka YB3 akan selalu membuat program kerja yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaanya. Masyarakat yang dimaksud di sini adalah masyarakat lokal baik dengan kepemimpinan formal maupun informal dan warga juga berjejaring dengan lembaga atau institusi professional dan kemasyarakatan yang relevan dan dinilai akan membuat program dapat berjalan efektif. 

Pada akhirnya, kesemua harapan dan semangat bina berdaya ini adalah juga untuk berkontribusi terhadap bangsa Indonesia. Mungkin konribusi itu kecil, namun setidaknya ini merupakan peran serta yang bisa dilakukan YB3 dan masyarakat tergabung dalam sahabat YB3 bagi bangsa Indonesia yang lebih baik. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!