Komunikasi Yayasan dengan Partner

Komunikasi merupakan tombak dari keberlangsungan hubungan di antara kedua belah pihak dan merupakan cara untuk mendapatkan dukungan dari pihak lain terhadap internal suatu pihak. Melihat kepada YB3 sebagai lembaga sosial yang baru, urgensi komunikasi pada lembaga sangat diperhatikan, khususnya dalam ‘menggaungkan’ pemberdayaan pada masyarakat luas.  

YB3 sangat memperhatikan setiap komunikasi yang terjalin di dalamnya. Dalam hal ini, terdapat dua (2) jenis komunikasi yang terjalin atau YB3 lakukan, yaitu kepada pihak eksternal (lembaga mitra kolaborasi yang mendukung berjalannya program) dan pihak internal (individu yang tergabung sebagai Sahabat YB3 mendukung baik secara lembaga maupun program berjalan) dari YB3 sendiri. Proses komunikasi yang YB3 coba kembangkan dan lakukan saat ini bersifat inklusif dengan menekankan kepada keterlibatan. Artinya, dalam setiap hubungan yang terjalin, YB3 mengedepankan pada aspek diseminasi atau penyampaian dan penyebarluasan informasi program pada pihak-pihak terkait serta pelibatan aktif dalam setiap kegiatan yang ada untuk mempertahankan hubungan baik melalui berbagai metode yang dilakukan. 

YB3 percaya penting untuk dapat mengembangkan metode komunikasi yang tepat sasaran dengan mitra lembaga, individu atau masyarakat sebagai partner dan target sasaran YB3 dalam menjalankan dan mendukung program pemberdayaan. Metode komunikasi yang tepat berpengaruh pada tingkat kualitas hubungan dan kedekatan dengan partner baik lembaga maupun individu (baik eksternal maupun internal). Beberapa metode yang YB3 terapkan dalam berkomunikasi dengan partner adalah dengan blasting rutin informasi serta pelibatan aktif dalam agenda YB3 dan ikut serta aktif dalam kegiatan/event dari partner. 

Seperti dalam proses komunikasi dengan partner eksternal (lembaga), YB3 secara berkala melakukan penjajakan dengan mitra-mitra baru yang memiliki nilai atau visi misi serupa ataupun menjaga komunikasi dengan partner yang sudah ada melalui beberapa metode. YB3 secara berkala melakukan penjajakan melalui kunjungan langsung dengan partner baru untuk membangun komunikasi yang lebih dalam. Ini dilakukan untuk membuka hubungan yang lebih luas dan peluang kolaborasi kedepannya. Seperti yang baru ini dilakukan oleh YB3 dengan Wahana Inklusif. Dengan partner yang sudah ada, YB3  berusaha untuk mengembangkan dan menjaga hubungan komunikasi melalui pelibatan lembaga partner dalam acara kegiatan YB3, berkomunikasi dalam bekerja sama melalui program berjalan di lapangan sebagai kolaborator, secara berkala mendukung bidang program melalui bincang santai Live Instagram ataupun menghadiri undangan dari partner sebagai bentuk sudah terjalinnya komunikasi yang baik dan terjaga sampai saat ini. Misalnya, belum lama ini YB3 menghadiri undangan Trackmeetup dari TrackSdgs – CISDI pada bulan puasa lalu. Selain menghadiri undangan, YB3 mendapatkan pengetahuan baru melalui sesi materi yang disampaikan dan dapat berjejaring atau berkenalan dengan lembaga baru lainnya yang membuka kepada hubungan komunikasi baru. 

Untuk pola atau proses komunikasi dengan partner internal (individu), sistem komunikasi yang YB3 terapkan sedikit lebih intens khususnya dalam menjaga hubungan komunikasi yang sudah ada. YB3 secara rutin membagikan informasi terkait program kegiatan yang dikemas informatif dalam bentuk newsletter yang dikirimkan melalui Gmail ataupun Whatsapp personal partner. Newsletter dikirimkan dua (2) bulan sekali kepada para partner. Selain pengiriman newsletter, agar tetap ada komunikasi yang rutin setiap bulannya terjalin dari YB3 kepada partner internal, YB3 mengajak partner internal untuk berdonasi melalui Blasting Reminder Donasi yang dikirimkan melalui Whatsapp personal partner. 

Saat ini, YB3 terus mengembangkan sistem cara ataupun metode komunikasi yang efektif dan efisien untuk dilakukan, namun dapat menjangkau banyak orang. Ke depannya, YB3 berharap dapat memiliki komunikasi yang lebih luas dan intens dengan partner dan menemukan metode yang tepat untuk digunakan dalam menjaga hubungan dengan para partner baik eksternal maupun internal. Untuk itu, di setiap informasi yang YB3 bagikan, sebagai bentuk penjajakan komunikasi, YB3 selalu memasukkan ajakan untuk terlibat dan tergabung sebagai Sahabat YB3 atau bekerja sama dan mendukung dalam program atau dana. 

Mari bergabung bersama YB3 dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat yang berdampak bagi Indonesia. Salam Pemberdayaan! 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!