Kerjasama YBBB dengan PKK Kelurahan Krendang untuk Mendukung Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Prasejahtera

Diskusi antara YBBB dengan Kelompok PKK
(Sumber: Dokumentasi YBBB, 2022)

Yayasan Bina Berdaya Bangsa yang didirikan pada November 2020 sedang berfokus pada upaya untuk meningkatkan kualitas program pemberdayaan yang dijalankannya. Salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas program yang dijalankan adalah dengan melibatkan berbagai pihak dalam proses diskusi, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. 

Pelibatan berbagai pihak menjadi hal yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas program karena YBBB percaya bahwa dengan melibatkan berbagai pihak dalam persiapan maupun pelaksanaan program akan memperkuat dampak dari program yang dihasilkan. 

Pada tahun 2021, setelah menjalankan beberapa program yang berfokus pada bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan, YBBB berupaya untuk memperkuat dampak program yang dijalankan dengan mencoba berkolaborasi dengan Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Krendang. Upaya membangun kolaborasi dengan PKK Kelurahan Krendang dimulai dengan kunjungan dari YBBB ke kantor Kelurahan Krendang untuk berdiskusi bersama dengan Ibu Lurah selaku Ketua PKK dan semua anggota PKK Kelurahan Krendang.

Dalam kunjungan YBBB ke PKK Kelurahan Krendang, perwakilan dari YBBB menyampaikan gambaran umum mengenai kegiatan yang telah dijalankan oleh YBBB selama setahun kebelakang serta berbagai dinamika yang dihadapi sebagai bentuk penyesuaian terhadap situasi pandemi COVID-19. Selain itu, perwakilan dari YBBB juga menjelaskan mengenai rencana program yang akan dijalankan selama beberapa bulan kedepan termasuk rencana untuk melaksanakan survei dan usulan program di bidang kesehatan dengan fokus pada remaja dan kesehatan reproduksi yang melibatkan Puskemas Kelurahan Krendang.

Berdasarkan diskusi yang dilakukan tersebut, secara umum Ibu Lurah selaku Ketua PKK sangat mendukung setiap program yang akan dijalankan oleh YBBB dan sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan YBBB untuk melaksanakan program-program yang berdampak dan membantu masyarakat prasejahtera di kelurahan Krendang.

Dalam diskusi tersebut, Kelompok PKK juga sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan YBBB melalui perwakilan dari masing-masing kelompok kerja (Pokja) yang ada dibawah PKK. Kelompok PKK Kelurahan Krendang sendiri memiliki empat kelompok kerja, yaitu Pokja 1 yang berfokus pada bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, serta gotong royong; Pokja 2 yang berfokus pada bidang pendidikan dan keterampilan, serta pengembangan kehidupan berkoperasi; Pokja 3 yang berfokus pada bidang pangan; dan Pokja 4 yang berfokus pada bidang kesehatan, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Masing-masing Pokja di bawah kelompok PKK juga memiliki berbagai program dan kegiatan sesuai dengan fokus bidangnya masing-masing.

Melihat keaktifan program yang dijalankan oleh Kader PKK, YBBB merasa bahwa terdapat peluang kolaborasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dampak dari program Kelompok PKK yang sudah berjalan maupun dukungan dari masing-masing Pokja terhadap program yang akan dijalankan oleh YBBB. Dengan adanya kolaborasi dan dukungan yang terbuka dari Kelompok PKK terhadap YBBB, diharapkan semua program atau kegiatan yang dijalankan, baik oleh Kader PKK maupun YBBB dapat memberikan dampak positif dan mendorong pemberdayaan bagi kelompok masyarakat prasejahtera di wilayah Kelurahan Krendang.

× Hubungi Kami!