Hari Komunitas 2023: “Berdaya Bersama Masyarakat Krendang”

Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YB3) kembali mengadakan Hari Komunitas, yang menjadi sebuah pesta rakyat sederhana pada tanggal 16 Desember 2023. Hari Komunitas 2023 mengangkat tema “Berdaya Bersama Masyarakat Krendang”. Hari Komunitas dibuka dengan sambutan dari pihak kelurahan yang diwakilkan oleh Ibu Yeyet selaku Sekretaris PKK Kelurahan Krendang, kemudian kata sambutan dari Bapak Kosmartua selaku Ketua YB3 dengan MC yakni Kak Sarah dan Kak Monica relawan YB3 yang memandu acara Hari Komunitas.

Hari Komunitas di tahun 2023 ingin merayakan akhir tahun bersama masyarakat Krendang dengan berbagai program dan kegiatan pemberdayaan yang sudah dilakukan YB3 bersama masyarakat Krendang, sehingga seluruh aspek dan tingkatan masyarakat diundang dan diajak untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Komunitas. 

Hari Komunitas diselenggarakan dengan presentasi dari peserta lomba, adapun lomba yang diadakan yakni; Lomba Usaha Pelaku Kecil Krendang, Lomba Produk Unggulan PKK dan Lomba Foto Krendang Kebangganku.

Kegiatan Lomba Usaha Kecil Krendang melibatkan semua pelaku UMKM yang tertarik untuk mendapatkan pelatihan untuk semakin berdaya dan maju dalam usaha yang dijalankan. Hari Komunitas merupakan sebuah kesempatan untuk mereka mempromosikan usaha mereka dan kesempatan untuk melakukan praktik sederhana dari teori yang sudah mereka dapatkan.

YB3 memiliki hubungan dan kerjasama yang baik dengan ibu PKK Kelurahan Krendang, sehingga sangat disayangkan apabila potensi ibu PKK tidak diberi ruang pada Hari Komunitas yang merupakan perayaan masyarakat Krendang, sehingga Lomba Produk Unggulan PKK diselenggarakan bagi Ibu PKK Kelurahan Krendang sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap produk-produk yang dijual oleh beberapa anggota PKK Kelurahan Krendang. 

Hari Komunitas “Berdaya Bersama Masyarakat Krendang” juga kurang lengkap apabila tidak melibatkan calon penerus bangsa, sehingga Lomba Foto Krendang Kebangganku diadakan untuk remaja Kelurahan Krendang. Dunia saat ini semakin maju dalam bidang digital dan sosial media, sehingga sebuah kesempatan yang baik untuk memberi ruang bagi potensi remaja Krendang untuk menampilkan teknik mereka dalam mengambil foto dan editing foto mengenai lingkungan sekitar mereka. Hari Komunitas juga memberikan ruang bagi remaja untuk menampilkan karya mereka kepada masyarakat Krendang yang menghadiri pesta masyarakat Krendang ini.

Perayaan Hari Komunitas bersama Masyarakat Krendang juga diadakan dengan kegiatan bazar yang terdapat 20 stand dari pelaku UMKM Krendang dan YB3,  ada 5 stand dari peserta Lomba Usaha Kecil Krendang, 8 stand dari peserta Lomba Produk Unggulan PKK, 4 stand lainnya diisi oleh pelaku umkm umum yang tidak mengikuti lomba, 2 stand bazar baju YB3 dan 1 stand YB3. Selain itu, ada pameran foto Krendang kebangganku hasil karya peserta Lomba Foto Krendang Kebangganku.

Hari Komunitas tidak hanya diselenggarakan dengan presentasi dari peserta lomba dan bazar, namun ada juga penampilan yang tak kalah seru dari salah satu anak difabel yang menjadi binaan dari YB3, dengan bakat bermusiknya membawakan lagu “Bunda” sambil bermain drum, pada tahun 2023 YB3 juga melaksanakan program bagi anak difabel dan keluarga anak difabel. Pada Hari Komunitas 2023 anak difabel keren ini menampilkan suatu penampilan yang membuat semua staff YB3, relawan YB3 dan juga masyarakat Krendang menyanyi bersama. Selain itu, ada penampilan yang juga tak kalah keren dari Forum Anak, mereka membawakan tari Jaipong yang membuat semua mata tertuju kepada mereka. 

Hari Komunitas 2023 “Berdaya Bersama Masyarakat Krendang” memberikan sebuah keseruan dan kebersamaan staff YB3, relawan YB3, aparatur Kelurahan Krendang, dan masyarakat Krendang yang sudah sama-sama berdaya dari Januari hingga Desember 2023!

Salam Pemberdayaan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!