Focus Group Discussion dengan Kepsek dan guru-guru PAUD Krendang

Hujan deras pagi itu tak menyurutkan semangat guru-guru dan kepala sekolah untuk hadir dan membahas bersama praktik pemberdayaan pendidikan. Perwakilan dari ketiga PAUD dan TKQ di daerah binaan YB3 seluruhnya hadir dan menciptakan atmosfir persahabatan sarat makna. 

CCP

Setelah selesai minum kopi pagi, diikuti santap kue-kue buatan ibu-ibu peserta kursus Keluarga Sehat, kami langsung masuk dalam diskusi serius menggunakan metode Perencanaan Komunitas Komprehensif atau yang biasa kami sebut CCP (Comprehensive Community Planning).

Keterangan gambar: Model CCP

Perencanaan Komunitas Komprehensif (PKK) adalah sebuah proses perencanaan holistik untuk membayangkan masa depan yang lebih baik dan membuat rencana mencapainya.

  • Bersifat holistik

PKK melihat semua aspek komunitas termasuk lingkungan, ekonomi, tanah dan manusia, program, perumahan, dll.

  • Fokus pada tindakan

merekomendasikan tindakan-tindakan prioritas untuk membuat segala sesuatu lebih baik untuk semua orang.

  • Bersifat inklusif

dibuat oleh seluruh komunitas dan membantu memperbaiki hubungan, membangun komunitas, dan membangun kembali kepercayaan. Sebagian besar upaya dilakukan untuk mendorong semua anggota terlibat dan bekerja sama.

Manfaat Program

Melalui diskusi ini kami membahas bersama tantangan yang dialami masing-masing PAUD dari anak didik, wali murid, maupun masyarakat luas. Tantangan tersebut antara lain:

  1. Kesulitan belajar yang ditunjukkan anak. Penyebabnya seperti pola asuh, anak berkebutuhan khusus maupun terlalu banyak bermain gadget
  2. Tantangan masalah ekonomi dari wali murid, tuntutan orang tua agar anak bisa calistung dan orang tua yang buta huruf
  3. Beberapa guru seringkali sulit berkumpul untuk membuat RPPH

Proses ini membantu guru dan kepala sekolah mengidentifikasi dan kemudian menilai secara kritis tantangan yang dihadapi. 

Tidak berhenti sampai di sana, pemutaran film praktik baik dari program Kemdikbud membuka wawasan dan mata guru-guru untuk membayangkan visi jangka panjang pemberdayaan pendidikan dan kesehatan yang dapat dicapai bersama. 

Keberlanjutan Program

Terdapat hal-hal konkrit yang ingin dicapai bersama melalui pembahasan ini yaitu memperkuat keterlibatan sekolah lewat penunjukan relawan lokal, pemberian masukan untuk memperkuat program Keluarga Sehat dan Pendidikan, serta dukungan pada sekolah untuk menjalankan satu inisiatif praktik baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!