Dua tahun pertama sebagai Yayasan: momen-momen yang mengesankan

Kegiatan Retret YBBB 2022

Melihat sejarah Yayasan Bina Berdaya Bangsa, mulai dari waktu-waktu persiapan menjadi Yayasan hingga perayaan ulang tahun kedua ini, ada beberapa momen yang akan selalu kami ingat.

Ketika memilih nama Yayasan

Pada bulan Juni 2020, tim sudah memiliki rutinitas rapat setiap minggu untuk membahas tujuan, ruang lingkup, visi, misi, dan nilai-nilai  Yayasan baru ini. Pada salah satu rapat, dua anggota tim mempresentasikan beberapa pilihan nama yang mungkin bisa mewakili semua hal yang sudah dibahas terkait identitas Yayasan.

Dari semua pilihan nama, ada satu nama yang cukup mengemuka, yaitu “Yayasan Bina Berdaya”. Sepertinya nama ini merangkumkan identitas kami, di mana pemberdayaan adalah hati dan inti dari Yayasan, dan cara kerja yang diutamakan adalah pembinaan

Beberapa bulan kemudian, dalam proses pembuatan Akta Yayasan, notaris menginformasikan bahwa sesuai kriteria terbaru, nama Yayasan wajib terdiri dari tiga kata atau lebih. Calon anggota organ memutuskan untuk menambah satu kata lagi: Bangsa. Notaris pun menyetujui dan nama Yayasan ditentukan: “Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YBBB atau YB3)”.

Januari 2021: Memulai kegiatan perdana pada masa covid-19

Tidak mudah juga untuk mulai menjalankan program untuk masyarakat pra-sejahtera saat pandemi. YBBB menganut prinsip pemberdayaan, dengan cara kerja utama adalah menjalankan kursus tatap muka di masyarakat. Dengan demikian, kegiatan yang dapat kami dilakukan menjadi sangat terbatas ketika tidak bisa terjun langsung ke lapangan. 

Menganggapi situasi tersebut, tim YBBB memulai program secara online. Kami membuat webinar di YouTube menggunakan aplikasi StreamYard. Masyarakat diajak mengikuti webinarnya sambil mengetik pertanyaan atau komentar di kolom chat. Selain webinar, ada juga seri podcast, serta seri video mingguan berisi tips dan ide-ide kegiatan sederhana yang bisa orang tua manfaatkan ketika mendampingi anak belajar dan bermain di rumah saja. 

Pengalaman awal ini memperlengkapi tim dengan keterampilan baru yang masih berguna sampai saat ini, walau kegiatan tatap muka sudah berjalan kembali. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 60 video di YouTube YBBB.

May 2021: Friendship Day Perdana (online)

Salah satu ciri khas YBBB adalah nilai kolaborasi. Pada bulan Mei 2021, kami menyelenggarakan acara perdana untuk mitra-mitra kami, dan kami sebut “Friendship Day.” Semua anggota tim mengajak teman-teman dan kenalan untuk hadir secara online dalam pertemuan tersebut, dimana visi Yayasan dibagi dan peserta diajak untuk bergabung dengan komunitas baru “Sahabat YBBB”. 

Saat ini sudah ada lebih dari 20 Sahabat YBBB yang mengambil peran di dalam YBBB sebagai donatur, relawan, duta sosmed atau penasihat. Harapan kami, komunitas “Sahabat YBBB” bisa terus bertumbuh dan berkembang sebagai sebuah wadah bagi orang-orang yang ingin terlibat dalam melayani masyarakat perkotaan pra-sejahtera di DKI Jakarta. 

Oktober 2021: Terjun lagi ke lapangan secara tatap muka

Adalah sebuah kebahagiaan bagi tim lapangan ketika pada akhirnya tim organ YBBB mengizinkan kami untuk mulai masuk kembali ke daerah Krendang; bertemu dan bekerjasama dengan mitra dan masyarakat di sana. Bersama, kami mulai merancang kegiatan tatap muka untuk tahun 2022. 

Sungguh menyenangkan mendengar ucapan salah satu peserta kursus parenting perdana: “Sejujurnya pada awalnya saya ragu-ragu ikut kursus ini, tapi ternyata sangat berguna bagi saya.” Itulah alasan YBBB berdiri, untuk menjadi ‘berguna’ bagi masyarakat dalam usaha mereka untuk maju.

Pada bulan-bulan itu juga tim mulai mencari sebuah kantor yang bisa menjadi base camp Yayasan, untuk mempermudah komunikasi dan kerja sama di antara anggota tim yang sampai saat ini bekerja dari rumah masing-masing secara virtual. Akhirnya kami menemukan lokasi dan gedung yang cocok. Kantor YBBB mulai beroperasi pada bulan Februari 2022.

Mei 2022: kerja sama dengan Kelurahan Krendang

Sebelum memulai kegiatan di daerah Krendang, tentu saja tim sudah mendapatkan semua izin yang dibutuhkan dari pihak berwenang di Kelurahan Krendang. Pada bulan Mei 2022, untuk pertama kalinya kami mendapat kesempatan bertemu secara tatap muka dengan Bapak dan Ibu Lurah beserta ibu-ibu PKK. Pertemuan tersebut sangat berharga bagi tim YBBB. Kami dapat membagikan visi dan harapan bagi daerah yang sama-sama kita layani. Dalam pertemuan itu juga, pihak kelurahan memberikan izin untuk melakukan survei ekonomi dengan pemilik UMKM sebagai fondasi program “Pemberdayaan Ekonomi” yang akan dikembangkan ke depannya oleh Yayasan. 

Agustus 2022: retret staf dan organ

Perencanaan program di YBBB selalu diupayakan melewati sebuah proses sistematis. Perencanaan program dimulai setiap tahunnya dengan sebuah retret organ. Pada tahun 2022, retret tersebut diadakan secara tatap muka untuk pertama kalinya. Seluruh anggota tim dan organ pergi bersama ke sebuah lokasi di luar kota dengan udara segar dan lingkungan asri. Retret menjadi kesempatan untuk merenungkan kemajuan yang sudah tercapai dan melihat kembali tujuan strategis yang berlaku selama periode 3 tahun ini. Beberapa proposal program baru dipresentasikan dan dikaji menurut indikator yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Selain rapat bersama secara intensif, hal lain yang mengesankan dari retret adalah kebersamaan tim. Tim ini lah yang menjadi fondasi kuat untuk masa depan Yayasan kami, yang akan menentukan arah, mengawasi dan/atau menjalankan program Yayasan yang akan berdampak di masyarakat.

Demikianlah refleksi mengenai beberapa momen mengesankan selama dua tahun pertama Yayasan. Perkembangan dan kinerja Yayasan sudah nyata, dan banyak yang sudah tercapai. Semoga YBBB terus maju, semoga YBBB terus berpegang kuat pada motto kami: “pemberdayaan menuju kesejahteraan.”

× Hubungi Kami!