Dari rasa penasaran hingga pemberdayaan: perjalanan Sarah bersama YBBB

Pada bulan Agustus 2022, Sarah tertarik oleh story Instagram temannya tentang YBBB. Ia merasa penasaran dan dengan penuh semangat, mencari profil YBBB di Instagram dan Website. Tanpa ragu, Sarah memutuskan untuk mendaftar menjadi relawan YBBB.

Motivasi Sarah untuk bergabung dengan YBBB bermula dari visi dan misi YBBB yang selaras dengan panggilan hatinya untuk terlibat dalam pemberdayaan masyarakat pra-sejahtera di daerah kantong-kantong kemiskinan di kota Jakarta. Sebagai lulusan jurusan kesehatan dan memiliki perhatian mendalam terhadap remaja, ia merasa bahwa ini adalah kesempatan emas untuk memberikan dampak positif untuk menyalurkan bidang keilmuannya serta kerinduan hatinya.

Setelah bergabung sebagai relawan selama lebih dari 10 bulan, Sarah merasakan banyak hal yang patut disyukuri. Pengalaman ini membuat Sarah menjadi melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas lagi. Ia terjun ke lapangan untuk membantu dokumentasi kegiatan dan menjadi fasilitator dalam kursus nutrisi, parenting, dan pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Melalui kegiatan ini, hati Sarah tersentuh dan semakin tergerak untuk membantu YBBB dalam memberdayakan masyarakat pra-sejahtera. Ia juga mendapatkan pengetahuan baru tentang parenting dan nutrisi, terutama saat mendengar permasalahan yang dihadapi oleh para orang tua yang mengikuti kursus tersebut. Selain itu, Sarah yang tadinya kurang percaya diri dalam berbicara di depan umum menjadi lebih berani setelah mengikuti beberapa rangkaian kegiatan lapangan bersama YBBB. Ia juga belajar untuk hidup bersyukur dalam segala kondisi melalui interaksi dengan masyarakat. Staf YBBB juga menjadi mentornya, memberikan inspirasi kepadanya tentang belas kasih, ketekunan, dan kesabaran yang diperlukan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat pra-sejahtera.

Pengalaman ini membuat Sarah semakin yakin bahwa perubahan sekecil apapun dapat memiliki dampak yang besar. Dengan mengedukasi masyarakat dan membuka wawasan mereka tentang nutrisi dan parenting, ia berharap orang tua yang mendengar dan terlibat dalam kursus ini dapat menerapkan pengetahuan tersebut dalam keluarga mereka sendiri. Sarah sadar bahwa orang tua membutuhkan dukungan dari komunitas yang sehat agar dapat memberikan perawatan yang optimal bagi tumbuh kembang anak-anak mereka. Dengan harapan ini, diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam penurunan kasus stunting dan memberikan pengasuhan terbaik bagi anak-anak.

Tak hanya itu, Sarah menyadari pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi remaja dalam mencegah paparan pornografi dan kejadian kehamilan di luar pernikahan. Ia berharap agar melalui program-program ini, remaja dapat tumbuh menjadi generasi yang sehat, berkualitas, dan membawa perubahan yang lebih baik kedepannya.

Sarah memiliki harapan besar terhadap YBBB. Ia berharap agar semangat yang terus berkobar dan hati yang berbelas kasih terus mengalir dalam upaya membina dan memberdayakan masyarakat pra-sejahtera sehingga tercipta masyarakat yang lebih sejahtera. Dengan tekad yang bulat, Sarah berharap agar masyarakat ini dapat mencapai kemandirian dan terlepas dari belenggu kemiskinan. Lebih dari itu, ia berharap agar YBBB mampu membantu menciptakan komunitas masyarakat yang semakin berkualitas, sehingga motto “Pemberdayaan Menuju Kesejahteraan” dapat terus dihidupi dan terwujud. Salam Pemberdayaan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!