Ciri Khas YBBB: Non-Profit dan Profesional – penilaian seorang relawan

Yayasan Bina Berdaya Bangsa (YBBB) lahir dari tekad anak-anak bangsa yang ingin memberikan pelayanan kepada mereka yang hidup dalam kemiskinan di kota Jakarta. Dengan fokus pada pemberdayaan komunitas di daerah kantong kemiskinan di kota Jakarta, YBBB mengusung moto “Pemberdayaan Menuju Kesejahteraan.” Ini bukan semata-sata slogan, melainkan inti dari visi, misi, dan strategi YBBB dalam membimbing, melatih, dan mendampingi masyarakat pra-sejahtera di daerah kantong kemiskinan di Provinsi DKI Jakarta untuk menjadi lebih berdaya dan mandiri, menuju kehidupan yang lebih sejahtera. Komitmen YBBB adalah melalui pemberdayaan dapat menggerakan masyarakat untuk mengadakan perubahan yang berasal dari dan untuk masyarakat.

YBBB adalah lembaga non-profit yang secara profesional menggeluti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Kegiatannya bersifat lintas bidang, menggabungkan program-program yang saling terkait. YBBB sebagai organisasi non-profit artinya bahwa segala sumber daya dan pendapatan yang diperolehnya dialokasikan kembali ke dalam misi pemberdayaan masyarakat pra-sejahtera. Fokus utama YBBB adalah pada bagaimana masyarakat pra-sejahtera di sekitarnya dapat ditingkatkan kesejahteraannya. Pendekatan ini mencerminkan komitmen mendalam terhadap nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan bantuan.

Meskipun berbasis non-profit, YBBB menjalankan seluruh operasinya dengan tingkat profesionalisme yang tinggi. Saat kita menyebut “profesional,” YBBB membuktikan bahwa itu bukan sekadar kata. YBBB tidak hanya membawa keahlian, tetapi juga melayani dengan hati yang berbelas kasih. Dengan transparansi, etika tinggi, dan akuntabilitas, YBBB membuktikan bahwa setiap tindakan yang mereka ambil mengandung kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat yang mereka layani.

YBBB dalam merancang programnya selalu memastikan program yang dijalankan tepat sasaran dan berdampak melalui survei kondisi awal. Sebelum merancang program, tim YBBB melakukan observasi dan survei untuk memahami kebutuhan masyarakat. Pengukuran dampak dilakukan melalui pre-test dan post-test kursus, serta dalam membuat program menggunakan analisis Strength-Weakness-Opportunities-Threat (SWOT). Program yang dirancang bersifat holistik dan melibatkan relawan lokal dari masyarakat yang dilayani dan memastikan keberlanjutan pemberdayaan dari setiap program yang dirancang.

Ketika terjun ke lapangan Tim YBBB tidak hanya memberikan bantuan sesaat, tetapi juga mendampingi masyarakat untuk menghasilkan perubahan berkelanjutan. Melalui kunjungan rutin ke rumah warga, melibatkan masyarakat lokal sebagai kader, kolaborasi dengan lembaga lokal, pemerintah, dan NGO lain dan pendekatan holistik dalam setiap program.

YBBB tidak hanya berhenti pada implementasi program-program pemberdayaan. YBBB memberikan perhatian khusus pada keberlanjutan inisiatif yang mereka lakukan. Dengan melibatkan komunitas masyarakat yang di bina sebagai agen perubahan, YBBB berusaha menjaga keberlangsungan program-programnya. Melalui pendekatan ini, masyarakat lokal menjadi pihak yang aktif terlibat, bukan hanya sebagai penerima manfaat.

Yayasan Bina Berdaya Bangsa tidak hanya menjadi lembaga pemberdayaan, melainkan sahabat dan mitra perjalanan masyarakat prasejahtera. Dengan ciri-ciri non-profit, profesionalisme, dan komitmen pada nilai-nilai keberlanjutan, YBBB adalah pionir yang mengukir masa depan bersama, di mana setiap individu memiliki kekuatan dan kesempatan untuk meraih kehidupan yang lebih sejahtera.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami!